PEMANASAN SEBELUM OLAHRAGA












MANFAAT PEMANASAN SEBELUM BERAKTIFITAS OLAHRAGA
  Olahraga pemanasan adalah sesi yang berlangsung sebelum melakukan aktivitas fisik; biasanya pemanasan akan terdiri dari latihan kardiovaskular ringan yang dipadukan dengan peregangan. Kebanyakan sesi pemanasan berlangsung antara 20 menit hingga setengah jam. Ada banyak alasan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Pada dasarnya, pemanasan melayani dua tujuan utama — untuk mencegah cedera dan meningkatkan kinerja.



1. Mencegah cedera
      Alasan yang paling penting untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga adalah demi mencegah cedera. Otot yang telah menjalani pemanasan menjadi lebih lentur dan halus. Ini berarti bahwa gerakan keras dan tiba-tiba, seperti tendangan tinggi atau posisi mendarat canggung akan lebih tahan banting terhadap potensi otot kram, terkilir, hingga sobek. Otot sobek bisa menjadi cedera serius yang membutuhkan waktu lama untuk pulih (belum lagi sangat menyakitkan dan berpotensi membutuhkan jahitan).



2. Meningkatkan performa olahraga
Pemanasan sebelum olahraga akan “menguleni” otot-otot Anda agar jadi lebih fleksibel sementara juga meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai otot yang Anda akan gunakan. Alhasil, peningkatan aliran darah juga membawa lebih banyak persediaan oksigen ke seluruh penjuru tubuh yang akan meningkatkan energi otot serta memperluas refleks dan jangkauan geraknya.
Seiring dengan peningkatan asupan darah segar datang peningkatan suhu otot. Ini bagus karena hemoglobin dalam darah Anda melepaskan oksigen lebih mudah pada suhu yang lebih tinggi. Lebih banyak darah yang masuk ke dalam otot, bersama dengan pasokan ekstra oksigen untuk kerja otot, memberikan Anda kualitas performa olahraga yang lebih baik sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama atau lebih keras lagi. Peningkatan suhu otot juga berperan terhadap peregangan dan relaksasi otot yang lebih cepat. Transmisi saraf dan metabolisme otot meningkat, sehingga otot-otot bekerja lebih efisien.



3. Memelihara kesehatan tulang dan persendian
Pentingnya pemanasan sebelum olahraga juga meluas hingga memengaruhi tulang dan sendi, yang merupakan bagian tubuh yang juga rentan cedera saat latihan. Dengan pemanasan Anda akan membantu lebih banyak cairan bisa melumasi persendian sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel agar mencegah korosi dan terkunci. Untuk tipe olahraga yang mengharuskan Anda menempatkan banyak tekanan pada lutut, seperti lari, pemanasan wajib hukumnya . Dengan meregangkan tulang belakang dan memanjangkan piringan-pringan tulang belakang Anda juga dapat mencegah cedera serius terhadap punggung Anda.

4. Mempersiapkan mental untuk latihan fisik berat
Pemanasan juga merupakan kesempatan yang baik bagi seorang individu demi mempersiapkan mental agar selalu memberikan seluruh 100 persen kemampuannya saat menghadapi latihan fisik berat. Pemanasan membantu untuk memperlancar aliran darah tak hanya ke otot dan persendian, namun mengalir juga mengalir ke otak Anda, sehingga meningkatkan fokus dan kewaspadaan Anda serta mengurangi stres.

Komentar

Postingan Populer